Sunday 6 November 2011

Etika Berteman

     Mungkin ini etika berteman, ataukah hal yang harus dihindari saat berteman, menurut saya. Kita adalah manusia, yang banyak mempunyai kekurangan dan tempatnya salah. Mungkin kesalahan itu dilakukan oleh kita atau teman kita, tapi tak seharusnya kita membicarakan kesalahan seorang teman kepada teman lainnya. Seharusnya seorang teman itu tidak menyebutkan kesalahan atau kekurangan teman kepada teman lainnya.  
     Berteman diberbagai lingkungan tidak lepas dari menyebutkan kesalahan seorang teman atau biasa disebut “menggunjing” –kan teman lainnya. Satu hal yang muncul dalam fikiran saya. Ketika teman menggunjingkan teman lainnya, ada kemungkinan teman yang biasa menggunjingkan teman itu menggunjingkan saya pada teman lainnya.
     Mungkin menurut saya ketika seorang tersebut mempunyai kesalahan atau memiliki kekurangan alangkah baiknya kita mengatakan kepada teman yang melakukan hal tersebut, bukan menggunjingkannya pada teman lainnya. Itu bisa bermanfaat bagi teman itu sendiri, bukan membuatnya rendah pada teman yang lain, dan mungkin teman tersebut bisa menutupi kekurangannya dan tidak melakukan lagi kesalahan yang pernah dilakukannya.
Karena manusia tempatnya salah dan khilaf.

No comments:

Post a Comment